Rabu, 19 Agustus 2015

Media Pendukung



Berbicara media yang terdapat di Desa Nagasareh ini memang sangatlah sederhana. Bahkan jauh dari kesan mewah. Tapi bukan tidak ada masyarakat yang memiliki media yang sudah bisa dikatakan mewah dan mengikuti zaman globalisasi, tapi porsinya sangat kecil. Tentunya ditinjau juga dari penghasilan dan keadaan ekonomi mereka. Padahal media ini sangatlah penting untuk mencari informasi terkini atau bahkan bisa menjadi sekedar hiburan untuk mengisi waktu luang.  Untuk data yang kami himpun di lapangan, kebanyakan masyarakat Nagasareh memilih media televisi. Karena tidak dapat dipungkiri media televisi ini memang yang paling utama untuk mendapatkan informasi dari luar.
 Media-media lain seperti koran, radio dan internet tidak begitu populer di desa ini. Namun ada beberapa yang masih tertarik menggunakannya, seperti media cetak koran misalnya, tidak semua penduduk bisa menikmati informasi dari media cetak ini. Selain tidak adanya agen Koran di Desa Nagasareh. Masyarakat juga harus mendapatkannya ke daerah kota atau menitipkan kepada saudara atau teman yang sering bepergian ke kota. Selain Pak Klebun, sangat jarang masyarakat yang menggunakan koran sebagai pelengkap media untuk mendapatkan informasi.
Media radio sulit ditemukan di Desa Nagasareh. Selain radio juga kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan informasi. Radio memang sedikit peminatnya karena yang didapat informasi hanya berupa suara.
Internet merupakan sebuah terobosan baru dalam media informasi. Selain penyalurannya cepat dan tepat, internet juga bisa dimanfaatkan kapan saja dan dimana saja. Seperti memanfaatkan sosial media layaknya facebook, twitter dll. Beberapa pemuda desa ini sudah menggunakan internet meski hanya sebatas mengakses facebook atau twitter melalui ponsel. Adapun warnet di Desa Nagasareh ini masih belum ada dan hanya ada di daerah kecamatan saja.
Untuk pengembangan desa, kelompok KKN Tematik UTM pun melakukan program website desa. Dimana website ini tentunya bertujuan untuk mengangkat potensi lokal Desa Nagasareh pada khususnya dan Kecamatan Banyuates pada umumnya. Sehingga masyarakat dapat mengenal internet sebagai media yang lebih fleksibel dan mudah. Website ini pun bertujuan untuk mengangkat dan mendekatkan Desa Banyuates dengan Kecamatan Banyuates dan Kabupaten Sampang untuk sama-sama mengembangkan potensi lokal dengan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Sehingga semua masyarakat sadar akan teknologi dan bisa menghilangkan tradisi gaptek untuk orang desa. Please visit desanagasareh.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Nagasareh