Rabu, 19 Agustus 2015

Pembuatan Tortila Jagung



            Tortila adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung ataupun bisa terbuat dari gandum.Yang terbuat dari jagung giling adalah tortila ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortila yang asli.Faktanya memang tipe tortila ini telah ada ebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika dan mendapatkan nama “Tortila” dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadadr tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etimologis),kata tortila berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
Tortila yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke dunia baru dari spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan spanyol.Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi,yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortila jagung.Tortila gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab ,negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan ,walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya.
Dan dalam era globalisasi,tuntutan masyarakat terhadap variasi dan mutu pangan olahan makin meningkat. Oleh karena itu ,perlu adanya pengenalan dan inovasi teknologi pengolahan hasil pertanian di tingkat pedesaan seperti Didesa Nagasareh yang banyak memperoleh hasil bumi yang lumayan banyak seperti jagung ini.Guna meningkatkan mutu produk dan keanekaragaman pangan lokal.Dapat dilihat saat ini umumnya dipedesaan masih berfungsi sebagai penyedia bahan mentah ,sedangkan pengolahan dilakukan oleh masyarakat diperkotaan pengolahan belum berkembang dipedesaan.
Penanganan dan pengolahan hasil pertanian penting untuk meningkatkan nilai tambah,terutama pada saat produksi melimpah dan harga produk rendah, juga untuk produk yang rusak atau bermutu rendah. Jagung dapat diolah menjadi berbagai produk olahan. Salah satu hasil olahan jagung yang disukai konsumen adalah tortila atau keripik jagung.Proses pengolahan produk ini cukup sederhana sehingga berpeluang di olah oleh masyarakat pedesaan,terutama wanita tani sebagai industri rumah tangga.Untuk mengembangkan produk pangan olahan yang beragam dan terjamin mutunya serta memiliki daya saing dipedesaan.
Desa Nagasareh,kecamatan banyuates ,Kabupaten Madura mempunyai hasil bumi yang banyak diantaranya yaitu jagung dan singkong .dan disini kami dari kelompok 77 memperkenalkan cara pengolahan jagung sebagai tortila jagung yang enak dan caranya yang
Bahan baku yang digunakan
Pemasakan yang digunakan untuk pembuatan tortila chips yaitu jagung,garam,Lada bubuk,bawang putih,air kapur.

Proses pembuatan tortila jagung
Pemasakan dan perendaman
pencucian dan pengeringan pencetakan
Pengeringan/pemanggangan
Penggorengan
pengemasan
Pemasakan dan perendaman jagung

Cara Pembuatan Tortila Jagung
Jagung di pipil terlebih dahulu kemudian dilakukan proses pemasakan bersama air kapur selama 2-3 jam perbandingannya 1 liter air ditambah dengan 1 sendok air kapur dan perendaman dilakukan secara sekali pakai selama 24 jam.Kemudian jagung dihaluskan dan proses selanjutnya jagung dipipihkan dan dijemur. Setelah lumayan kering jagung yang sudah dipipihkan di potong kecil-kecil sesuai dengan ukuran yang diinginkan.dan kemudian dijemur sampai kering.Proses selanjutnya adalah penggorengan dan pengemasan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Nagasareh