Rabu, 19 Agustus 2015

BIMBINGAN BELAJAR GENERASI PENERUS



          Bimbingan belajar (bimbel) kepada anak-anak di Desa Nagasareh merupakan salah satu proker kami selama kami KKN di desa ini. Bimbel diberikan kepada murid PAUD, MI, MTs dan MA. Setiap malam kami secara bergantian mengisi bimbel, bimbel dilaksanakan pada tanggal 29 Juli hingga 14 Agustus 2015 yang dimulai pada pukul 19.30 hingga 20.30. Tujuan diadakannya bimbel adalah agar para murid lebih memahami materi yang telah diberikan oleh pengajar disekolah.
            Materi yang kami sampaikan dapat diterima oleh peserta dengan baik, namun kadang kita harus ekstra sabar apabila dalam mendampingi bimbel Matematika, dikatakan demikian karena para murid masih kesulitan dalam menghitung bahkan terdapat murid yang belum fasih dalam membaca huruf abjad. Pada murid yang masih kesulitan dalam menghitung, kami menggunakan media pembantu seperti lingkaran dan uang-uangan dari kertas. Dalam hal menghafal, para murid juga masih kesulitan mereka belum mampu menghafal secara maksimal. Terkadang apa yang kami berikan hari ini jika diulang besuk maka mereka akan lupa sehingga disitu kami dituntut untuk sabar mengulang materi tersebut kembali.
            Untuk bimbel Bahasa Inggris dibentuk satu kelompok dengan satu pembimbing sedangkan untuk yang lainnya satu pembimbing mendampingi satu peserta jadi peserta lebih fokus untuk menerima materi yang diajarkan. Peserta bimbel semakin hari semakin meningkat dimana jumlah peserta untuk setiap hari berkisar antara 13-17 peserta.
            Kami hanya memberikan waktu satu jam untuk sekali bimbel, hal tersebut bertujuan agar peserta bimbel tidak bosan dengan materi yang kami ajarkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Desa Nagasareh